Senin, 30 Juni 2014

Taman-taman Sakura

Burung-burung gereja ikut serta menikmati sakura
Hanami. Istilah itu mulai saya kenal saat browsing mengenai cherry blossom atau sakura blossom. Saya pikir hanami adalah istilah dalam bahasa jepang untuk sakura blossom. Sampai saya tiba di jepang saya baru mengerti hanami adalah kegiatan menikmati sakura dengan berkumpul-kumpul disekitar pohon sakura. Ah ini juga saya tahu dari teman saya, Mela. Banyak sekali acara yang bisa dilakukan dengan berkumpul bersama keluarga, kolega kerja ataupun kawan-kawan sepermainan. Ada yang berkumpul untuk minum teh, makan-makan, reunian, acara sekolah atau hanya sekedar mengobrol menghabiskan waktu sorenya. 

Karena hanami ini erat hubungannya dengan sakura blossom, maka tradisi ini hanya dilakukan pada awal musim semi antara akhir maret sampai awal mei. Jika di Tokyo, hanami lebih sering terlihat di taman-taman umum seperti Ueno park, Shinjuku Gyoen, Yoyogi park atau Sumida park. Di beberapa tempat, pohon sakura dipercantik dengan memberikan lampu-lampu penerang saat malam hari yang biasa disebut yozakura atau "night sakura"
Hanami di Shinjuku Gyoen
Setiap taman mempunyai ciri khas masing-masing. Jika ingin menikmati suasana pinggiran sungai, kita bisa pergi ke Yoyogi park. Dari taman ini juga bisa melakukan river cruise. Saat ingin menyicip jajanan lokal, mainlah ke Ueno park. Banyak pedagang kaki lima disekitar taman Ueno ini. Harganya, yaa harga japan, mulai dari 200-500 yen. Kalau punya banyak waktu luang, Shinjuku Gyoen bisa menjadi pilihan untuk menghabiskan waktu seharian. Bawa alas, pilih tempat yang paling favorit, buka novel dan sejenisnya, putar mp3 dan tiba-tiba saja sudah ketiduran. Dan ini terjadi dengan saya, haha. Cuaca yang hangat diselingi angin dingin merayu saya untuk berbaring diatas rumput-rumpunya yang tertata rapi dan memanjakan saya dengan lanskap ranting-ranting berselimutkan sakura.

Oh iya, jika ingin hanami-an, sebaiknya mencari tempat yang enak sedari pagi. Karena menjelang siang, taman-taman ini akan penuh dengan tikar meskipun kadangkala tidak terlihat si empunya tikar. Peta persaingan memperebutkan tempat pun terjadi di sini.

Ah, akhirnya saya menikmati indahnya sakura di negeri sakura ini.

Sakura di Asakusa - Tokyo Skytree
Sumida Park
Taman Ueno
Shinjuku Gyoen
Di tepi danau - Shinjuku Gyoen

White cherry blossom
Red cherry blossom
Pink cherry blossom
Menikmati masa senja - Sinjuku Gyoen
Yoyogi Park
Yozakura atau "night sakura" di Kyoto
Hanami di Hiroshima

Tidak ada komentar: