Kamis, 28 Juni 2012

Gunung Kidul, geliat pariwisata Jogja

From Wisata Gunung Kidul - Jogja
Jalan-jalan gw ke Guungn kidul jogja ini adalah rangkaian dari #PacitanTrip gw. Setelah sehari sebelumnya gw mengunjungi beberapa pantai di Pacitan, hari ke-2 ini kita memutuskan menyisir pantai selatan Gunung kidul untuk mengambil memori-memori akan keindahan pantai di Nusantara.

Jam 7 pagi kita beragkat dari wisma Joglo, di Wonosari. Target pertama adalah pantai Indrayanti. Pantai indrayanti ini merupakan salah satu pantai yang terletak di satu garis pantai dengan pantai Sundak. Pantai Indrayanti saat ini menjadi primadona wisata pantai di jogja setelah berdiri salah satu penginapan  yang cukup bagus sehingga pengelolaan pantai ini ditata dengan baik.

Jam 8 kita sudah sampai di Pantai indrayanti. Suasana pantainya sudah cukup ramai, beberapa keluarga terlihat sedang bermaun ombak disana. Hal ini membuat Raga terpacu adrenalinnya untuk bermain ombak jg. Gw sendiri hanya ingin bersantai, membayangkan sedang dipijat di atas pasir putih sama mbok2 di sana. Ah ternyata setelah muter-muter, memang di pantai ini tidak menyediakan tukang pijat seperti di Bali.

Setelah setengah jam bermain air, gw selaku timekeeper terpaksa menganggu Raga sama Brario yang sedang asik bermain ombak. Kita harus menuju pantai Kukup agar waktu sehari ini cukup untuk mengunjungi daftar list must visit kita. Begitu masuk ke parkiran pantai ini kita sudah disuguhi deretan penjual jajanan laut seperti rumput laut, udang goreng tepung, kepiting goring dll. Di pantai ini juga terdapat beberapa penjual ikan hias yang cukup menarik minat saya untuk melihatnya. Umm, setelah mengobrol, ternyata ikan-ikan ini bukan berasal dari pantai sini melainkan dari pantai Krakal.

Ketika perut mulai melapar, kita menuju Pantai Baron ke pasar ikan. Kita bisa membeli ikan dengan harga kiloan disana sekaligus meminta penjual ikan untuk memasaknya. Hmm, yummy, kita pun dengan lahap menyantap cumi dan kakap nya.

Kunjungan pantai kita selesai setelah kekenyangan di pantai Baron. Kita sendiri ingin mencoba caving yang sedang menjadi hits wisata di jogja. Sembari pulang, kita menuju ke Goa Pindul. Sampai disana, kita disuguhi wisata budaya jogja yang menarik. Pengelolaan wisata ini merupakan paguyuban masyarakat sekitar, sehingga masyarakatnya memperlakukan pelancong dengan sangat ramah. Ketika kita kebingungan mencari arah ke Goa Pindul, salah satu warga disana menawarkan jasa pengantaran gratis. Begitu pula ketika sampai di Goa Pindul, kita selalu mendapat salam hangat dari setiap warga yang papasan dengan kita. Diiringi musik gamelan dan nyanyian para pesinden dari ibu-ibu warga sekitar membuat waktu menunggu kita pun tidak begitu terasa lama.

Ini adalah pertamali gw menyusuri goa diatas air. Seru ketika kita bisa bermain air sambil menatap stalagmite dan stalagtit di sepanjag goa. Selain itu kita juga memilih wisata menyusur sungai dengan pemandangan tebing yang indah. Salah satu yang membuat adrenalin gw terpacu adalah ada sebuah tempat lompat yang cukup tinggi sekitar 7 meter. Cukup lama gw mengumpulkan keberanian. Gw butuh waktu 5 menit untuk akhirnya terjun dari sana. Setelah lompatan pertama, ternyata mengasyikkan dan gw mencoba sekali lagi :D.
 Yak. Wisata Goa Pindul mengakhiri jalan-jalan gw di jogja weekend itu. Dan gw tidak tega membayangkan besok harus masuk kerja lagi. Brario pun memacu mobilnya sekencang-kencangnya agar gw tidak ketinggalan kereta. Perjalanan di kereta menjadi perjalanan yag sangat singkat, karena kelelahan. Di kereta, gw langsung terlelap sampai tidak ada rasa was-was akan tas gw seperti pas berangkat kemaren.